10 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh Anda

Amongguru.com. 10 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh Anda

Istilah “dunia tak selebar daun kelor” menganalogikan bentuk daun kelor (Moringa oleifera) yang memang berukuran kecil. Daun kelor memiliki bentuk bulat lonjong dengan ukuran yang kecil dan tersusun rapi pada tangkainya.

Pohon kelor memiliki tinggi batang kurang lebih tujuh sampai sebelas meter. Bunga pada tumbuhan kelor berwarna putih kekuningan dengan bau yang semerbak ketika mekar. Sedangkan  buah kelor berbentuk segitiga yang memanjang dan sering disebut dengan istilah kelentang. Daun kelor sering dimanfaatkan untuk bahan sayur oleh sebagian orang.

10 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh Anda
Daun kelor

Banyaknya khasiat pada daun kelor, membuat para peneliti berlomba-lomba untuk meneliti manfaat tumbuhan kelor, khususnya bagi kesehatan tubuh manusia. Penelitian pada seluruh bagian tumbuhan kelor, mulai dari daun, kulit, batang, buah, maupun bijinya, telah dilakukan sejak tahun 1980.

Organisasi kesehatan dunia WHO bahkan menganjurkan bayi dan anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan untuk mengkonsumsi daun kelor, karena manfaat dari kandungan daun kelor yang besar.

Berdasarkan penelitian, daun kelor beberapa zat penting berikut: (1) Vitamin C, tujuh kali lipat lebih besar daripada buah jeruk; (2) Vitamin A, empat kali lebih banyak daripada wortel; (3) potasium, empat kali lebih besar daripada susu; dan (4) protein, dua kali lipat lebih besar dari protein susu.

Karena segudang manfaat yang dimiliki oleh pohon kelor tersebut, maka organisasi WHO kemudian menobatkan kelor sebagai miracle tree (pohon ajaib).

Di Indonesia sendiri, khususnya tanah Jawa, daun kelor sering dihubungkan dengan hal-hal yang berbau mistis. Daun kelor diyakini dapat digunakan untuk mengalahkan atau mengusir makhluk halus yang merasuki tubuh seseorang. Daun kelor juga sering dimanfaatkan untuk prosesi pemandian jenazah.

Banyak orang yang belum begitu mengetahui tentang manfaat kesehatan bagi tubuh. Berikut ini 10 manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh Anda.

1.  Menyehatkan kulit

Kandungan vitamin C dan antioksidan tinggi pada daun kelor sangat baik untuk kesehatan kulit. Apabila daun kelor dikonsumsi dengan teratur, misalnya untuk sayur, maka akan mencegah munculnya jerawat dan juga menghaluskan kulit. Serbuk daun kelor dapat difungsikan untuk masker muka agar kulit muka semakin halus.

2. Mencegah kanker

Antioksidan yang tinggi pada daun kelor dan juga kandungan potasium yang dimiliki daun kelor merupakan zat-zat penangkal tumbuhnya sel-sel kanker yang efektif. Kedua zat ini memperlambat dan memberantas munculnya sel-sel kanker pada tubuh.

3. Mengobati herpes

Herpes adalah penyakit kulit yang cukup mengganggu, karena dapat menimbulkan rasa perih dan gatal. Apabila digaruk, akan memberikan luka merah pada kulit, bahkan hingga bernanah. Daun kelor dapat digunakan untuk mengobati herpes dengan cara menumbuk beberapa daun kelor, kemudian ditempelkan pada kulit yang terjangkiti herpes.

4. Mencegah diabetes melitus

Mengkonsumsi daun kelor secara rutin dipercaya dapat menurunkan kadar gula dalam darah (glukosa), sehingga dapat menjadi obat yang efektif untuk pencegahan penyakit diabetes melitus.

5. Mengobati sariawan

Daun kelor kaya akan kandungan vitamin C, yang sangat mujarab untuk mengatasi masalah kesehatan mulut, seperti sariawan. Daun kelor dapat dimanfaatkan sebagai pencegah sariawan dengan cara mengolahnya menjadi sayur untuk dikonsumsi setiap hari.

6. Menyehatkan mata

Daun kelor juga mengandung vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesekatan mata. Rebusan daun kelor juga ddapat digunakan untuk membantu iritasi atau sakit pada mata. Caranya adalah dengan merebus air sampai mendidih, kemudian memasukan beberapa lembar daun kelor ke air rebusan tersebut. Selanjutnya air rebusan daun kelor dibasuhkan pada mata yang sakit setiap hari, sampai dirasa sudah membaik.

7. Perbaikan gizi ibu menyusui

Daun kelor mengandung unsur flavanoid yang membantu ibu mengasilkan ASI dalam jumlah yang banyak. Protein yang tinggi pada flavanoid akan menjadikan ASI lebih berkualitas untuk diminumkan ke bayi.

Kandungan zat besi yang tinggi pada daun kelor juga baik untuk dikonsumsi oleh ibu usai melahirkan maupun wanita setelah menstruasi, karena menstruasi menyebabkan banyak kehilangan zat besi.

8. Memperlambat penuaan

Antioksidan tinggi pada tanaman herbal, seperti halnya yang terdapat dalam daun kelor, akan mampu mengembangkan hormon tubuh secara alami, sehingga dapat mencegah terjadinya efek penuaan dini.

9. Mengobati rematik dan pegal linu

Daun kelor juga dapat difungsikan untuk mengobati rematik dan pegal linu. Mengkonsumsi daun kelor secara rutin akan dapat mengurangi rasa sakit pada peserndian dan mengurangi penumpukan asam urat pada sendi, sebagai masalah utama dari rematik dan pegal linu.

10. Menjaga kesehatan ginjal

Daun kelor apabila rutin dikonsumsi, tidak akan menimbulkan timbunan kolesterol pada organ tubuh, termasuk ginjal, karena daun kelor rendah lemak. Mengkonsumsi daun kelor secara rutin akan membantu mengembalikan kesehatan ginjal yang sudah memburuk akibat timbunan lemak.

Sekian dulu informasi mengenai 10 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh Anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan