10 Jenis Lomba 17 Agustus Paling Meriah dalam Peringatan HUT Kemerdekaan RI

10 Jenis Lomba 17 Agustus Paling Meriah dalam Peringatan HUT Kemerdekaan RI 

Amongguru.com. Tanggal 17 Agustus menjadi tanggal yang sangat penting bagi seluruh bangsa Indonesia. Tanggal tersebut merupakan tanggal hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia. Tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia pertama kali memproklamirkan kemerdekaannya.

Setiap tahun, HUT kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus selalu diperingati bangsa Indonesia dengan serangkaian acara seremonial dan berbagai perlombaan. Kegiatan ini sebagai bentuk penghargaan terhadap jasa-jasa para pejuang kemerdekaan dan upaya menumbuhkan semangat nasionalisme.

Berbagai cara dilakukan untuk memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia. Suasana kemeriahan menjelang HUT RI biasanya akan terasa satu minggu menjelang tanggal 17 Agustus.

Penduduk kampung mulai berbenah membersihkan lingkungan, mengecat jalan, memasang bendera merah putih serta umbul-umbul. Ada juga yang memasang lampu warna-warni di depan rumah mereka masing-masing.

Pada beberapa tempat, sudah mulai ada pertandingan-pertandingan untuk perayaan HUT RI, khususnya perlombaan yang membutuhkan waktu lama dan diikuti oleh banyak peserta, misalnya pertandingan sepakbola, bola voli, dan gerak jalan.

Selain perlombaan yang membutuhkan waktu lama tersebut, ada juga perlombaan-perlombaan yang sifatnya  selesai dalam satu hari. Jenis perlombaan sehari ini biasanya akan meriah karena dapat diikuti oleh semua golongan, baik anak-anak, dewasa, maupun orangtua.

Lomba yang diadakan juga tergolong unik, karena tidak membutuhkan latihan dan skill yang khusus, sehingga siapa pun dapat ikut dalam perlombaan. Jenis perlombaannya merupakan perlombaan yang sederhana, menghibur, serta sudah sering diadakan di tahun-tahun sebelumnya.

Perlombaan-perlombaan seperti ini perlu terus dilestarikan seiring dengan pesatnya perkembangan jaman. Meskipun tidak menggunakan peralatan yang modern, nyatanya perlombaan sederhana dalam peringatan HUT RI ini selalu meriah dan berlangsung dalam suasana suka cita sebagai bentuk perwujudan perayaan kemerdekaan.

Berikut ini adalah 10 Jenis Lomba 17 Agustus Paling Meriah dalam Peringatan HUT Kemerdekaan RI.

1. Balap Karung

Balap karung merupakan lomba ketangkasan adu kecepatan berlari yang menggunakan karung. Lomba balap karung selalu mewarnai dalam peringatan 17 Agustus. Karung yang digunakan dapat berupa karung goni atau karung beras.

Cara bermain balap karung sangat sederhana. Panitia menetapkan garis start dan garis finish. Setelah aba-aba diberikan, peserta boleh berlari atau lompat tapi masih tetap menggunakan karung hingga mencapai garis finish. Peserta paling cepat menyentuh garis finish adalah pemenangnya.

Permainan balap karung dapat dibagi dalam beberapa babak hingga babak final. Pemenang-pemenang dalam babak penyisihan kemudian diadu kembali dalam babak final.

2. Balap Bakiak

Balap bakiak adalah adu kecepatan dengan menggunakan sandal bakiak. Sandal bakian adalah sandal dari kayu berbentuk panjang yang hanya menggunakan karet bekas ban yang harus digunakan oleh dua atau tiga orang dan lebih.

Tingkat kesulitan balap bakiak karena menuntut peserta kelompok dapat berjalan bahkan berlari dengan beriringan secara kompak. Kerjasama dan kekompakan kelompok dituntut dalam lomba balap bakiak.

Biasanya yang membuat balap bakiak menjadi lucu dan meriah karena pasti ada kelompok yang tidak kompak saat berjalan untukmencapai finish. Sehingga, balap bakiak punya tingkat kesulitan lebih tinggi dibandingkan balap individual lainnya.

3. Balap Egrang

Balap egrang adalah lomba adu kecepatan dengan menggunakan egrang. Egrang merupakan permainan tradisional dengan menggunakan bambu. Egrang akan membuat orang yang menaikinya menjadi terlihat lebih tinggi.

Permainan egrang termasuk permainan ketangkasan karena peserta dituntut menguasai keseimbangan tubuh saat menaiki egrang.

Cara bermain adalah dengan mementukan garis start dan garis finish kemudian adu cepat namun dengan menggunakan egrang. Peserta yang mampu melewati garis finish lebih cepat dengan menggunakan egrang menjadi pemenangnya.

4. Tarik Tambang

Lomba tarik tambang adalah lomba berkelompok yang diikuti oleh dua kelompok yang berebda. Cara bermain tarik tambang sangat mudah. Bagian tengah tali ditandai dengan menggunakan kain atau tali rapia. Kemudian kedua kelompok memegang tali pada kedua ujung yang berbeda secara bersama-sama.

Pada saat aba-aba dimulai, kedua kelompok harus berusaha sekuat tenaga menarik tambang hingga lawan tertarik keluar dari areanya. Pemenang ditentukan dari kelompok yang paling kuat dan berhasil menumbangkan kelompok lawan dalam satu tarikan.

Tarik tambang sangat menarik jika kedua kelompok memiliki kekuatan yang imbang. Biasanya tarik tambang dibagi dalam tiga babak. Babak ketiga menjadi babak penentu kemenangan.

5. Sepak Bola Sarung

Salah satu ciri dari permainan sepakbola sarung adalah pemainnya menggunakan sarung, sehingga membuat kesan lucu karena pergerakan pemain bola menjadi tidak bebas.

Cara bermain sepak bola sarung masih sama seperti sepakbola umumnya, yang membedakan hanya seragam saja. Biasanya sepakbola sarung diikuti oleh satu kelompok yang lebih kecil dengan jumlah pemain ganjil karena salah satunya harus menjadi penjaga gawang.

6. Memasukkan Pensil ke Dalam Botol

Memasukkan pensik ke dalam botol juga sering dilombakan dalam peringatan HUT kemerdekaan RI. Cara bermainnya, panitia memasang botol di garis yang sudah ditentukan, kemudian memasangkan pensil yang sudah diberi tali pada bagian celana belakang peserta.

Peserta berlari menuju botol yang ada didepannya, setelah sampai peserta berputar arah sambil jongkok dan berusaha memasukkan pensil ke dalam lubang botol tersebut. Pemenang adalah peserta yang pertama kali berhasil memasukkan pensil ke dalam botol dan membawa botol kembali ke garis start.

7. Lomba Mencari Koin Dalam Tepung

Cara bermainnya adalah setiap peserta berdiri dekat tampah yang berisi koin dan tepung yang disebar secara acak. Saat hitungan mulai,  peserta langsung mencari koin di dalam tepung dan langsung dimasukkan ke wadah mangkok yang tersedia.

Di dalam mencari koin boleh dengan cara apa pun kecuali menggunakan tangan. Peserta yang mendapatkan koin paling banyak dialah pemenangnya.

8. Joged Balon

Joged dilakukan secara berpasangan (dua orang) dengan balon terapit di kepala. Pada saat musik dinyalakan, peserta harus berjoged mengikuti irama dengan posisi balon tetap dikepala dan tidak boleh jatuh. Tangan peserta dilarang memegang balon selama musik dinyalakan.

Peserta dinyatakan memenangkan perlombaan apabila balon yang mereka apit tidak jatuh sampai batas waktu yang ditentukan panitia.

9. Makan Kerupuk

Makan kerupuk seolah menjadi perlombaan wajib dalam peringatan HUT kemerdekaan RI, karena jenis lomba ini tidak pernah absen diadakan setiap tahunnya. Panitia perlombaan menyiapkan kerupuk sejumlah jumlah peserta yang digantung dengan tali secara berjejer kepada sebuah tali panjang.

Para peserta berlomba untuk memakan kerupuk masing-masing, dan pemenangnya adalah peserta yang paling cepat memakan habis kerupuknya. Tantangan dari lomba ini adalah, peserta tidak diperbolehkan menggunakan tangan dalam memakan kerupuk, peserta hanya diperbolehkan menggunakan mulutnya.

10. Lomba Naik Pucang (Panjat Pinang)

Lomba panjat pinang biasanya merupakan jenis lomba yang paling banyak menyedot penonton. Lomba ini memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dan membutuhkan kekuatan fisik yang prima.

Sebuah pohon pinang tinggi dan batangnya dilumuri oleh pelumas disiapkan oleh panitia perlombaan. Di bagian atas pohon tersebut, disiapkan berbagai menarik menarik. Para peserta berlomba untuk mendapatkan hadiah-hadiah tersebut dengan cara memanjat batang pohon yang biasanya pohon pinang.

Baca juga :

Demikian ulasan mengenai 10 Jenis Lomba 17 Agustus Paling Meriah dalam Peringatan HUT Kemerdekaan RI. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan