10 Fitur Tersembunyi Aplikasi WhatsApp yang Jarang Anda Ketahui

10 Fitur Tersembunyi Aplikasi WhatsApp yang Jarang Anda Ketahui

Amongguru.com. Sebagian besar dari pengguna aplikasi WhatsApp hanya memanfaatkan fitur-fitur standar yang ada, sekadar untuk komunikasi.

Tetapi tahukah Anda, ada banyak fitur-fitur pada aplikasi WhatsApp yang mungkin belum Anda kenal. Fitur-fitur ini ternyata memiliki fungsi penting dalam memaksimalkan pemakaian WhatsApp.

Anda dapat lebih menjaga privasi, menyimpan percakapan ke bentuk teks, dan mengurangi pemakaian data dengan menggunakan fitur-fitur tersembunyi dari WhatsApps.

Meskipun fitur-fitur pada aplikasi WhatsApp tersebut tersembunyi, bukan berarti tidak dapat diakses. Anda dapat mengakses fitur-fitur ini setelah mengetahui fungsi dan caranya.

Berikut ini 10 fitur tersembunyi aplikasi WhatsApp yang jarang Anda ketahui dari rangkuman berbagai sumber.

1. Backup Percakapan

Terkadang kita tidak sadar, setiap percakapan penting yang kita lakukan di WhatsApp tidak kita simpan, sehingga pada saat dibutuhkan untuk diputar kembali, kita tidak punya datanya.

Anda dapat membuat cadangan data percakapan, sehingga semua percakapan yang pernah Anda lakukan dapat dipulihkan kembali, bahkan ketika Anda berganti ponsel sekalipun.

Caranya sebagai berikut :

Masuk Menu > Setelan > Chatting > Cadangan chat

Di dalam Chat Backup terdapat pengaturan untuk menyimpan data percakapan Anda ke dalam Google Drive.

Klik tombol Cadangkan, maka secara otomatis akan dilakukan penyimpanan data percakapan ke Google Drive Anda. Pastikan Anda memiliki akun resmi untuk dapat masuk ke Google Drive Anda.

2. Menghentikan download otomatis

Anda tentu sering merasakan paket data Anda cepat habis karena banyaknya foto dan video yang terunduh secara otomatis pada aplikasi WhatsApp. Apabila unduhan otomatis tersebut tidak anda hentikan, maka konsumsi paket data Anda akan  cepat terkuras.

Anda dapat menghentikan download otomatis pada aplikasi WhatsApp dengan cara sebagai berikut.

Masuk Menu Setelan Penggunaan data (ada tiga pilihan: saat menggunakan data seluler, saat tersambung keWifi, dan saat roaming).

Pada ketiga pilihan tersebut, Anda dapat memilih media apa saja yang akan diunduh secara otomatis atau tidak diunduh sama sekali.

3.  Blokir kontak

Memblokir kontak yang sering mengganggu Anda saat menggunakan aplikasi WhatsApp sangatlah mudah.

Caranya sebagai berikut :

Buka percakapan dengan nomor orang yang akan diblokir > sentuh tiga titik di pojok kanan atas > pilih tab Lainnya > pilih Blokir.

Di dalam kotak blokir akan terdapat keterangan bahwa nomor yang Anda blokir tidak dapat lengi memanggil atau mengirimi Anda pesan.

4. Menyimpan percakapan dalam bentuk teks

Fitur ini mungkin tidak banyak diketahui oleh para pengguna WhatsApp. Pengguna WhatsApp dapat menyimpan percakapannya dalam bentuk teks.

Caranya sebagai berikut :

Buka tab obrolan > sentuh tiga titik di pojok kanan atas obrolan > pilih Lainnya > pilih Email chat 

Anda dapat memilih Lampirkan Media jika akan menyertakan media atau Tanpa Media apabila hanya menyimpan teks saja. Setelah Anda memilih, maka akan muncul email untuk mengirimkan percakapan tersebut.

5. Tanda bintang

Mungkin sebagian dari Anda belum begitu memahami fungsi dari tanda bintang pada aplikasi WhatsApp. Tanda bintang ini ternyata berfungsi untuk mencatat berbagai informasi yang penting, misalnya nomor telepon dan alamat rumah.

Caranya sebagai berikut :

Pilih pesan yang ditandai > sentuh dan tahan dalam beberapa detik > muncul tanda bintang pada bagian kepala atas WhatsApp > pilih tanda bintang.

Apabika Anda ingin melihat berbagai pesan yang sudah ditandai bintang, caranya sebagai berikut.

Masuk menu > sentuh titik tiga di sudut kanan atas > pilih tab bertuliskan Pesan berbintang.

7. Menyembunyikan tanda read

Anda pasti sudah mengetahui bahwa setiap pesan yang dikirimkan dan sudah dibaca akan ditandai dengan centang biru. Akan tetapi apabila Anda tak ingin yang Anda kirimi pesan mengetahui status pesan sudah dibaca atau belum, maka Anda bisa mengubahnya dengan cara sebagai berikut.

Masuk Menu > Pengaturan Akun Privasi > hapus tanda centang pada Laporan terbaca. 

8. Membuat huruf tebal dan miring

WhatsApp memiliki kemampuan untuk menampilkan huruf dalam format tebal (bold), miring (italic), dan dicoret (strike through). Anda dapat melakukannya dengan cara memasukkan karakter khusus sebelum dan setelah kata yang ingin diformat.

  • Huruf tebal : gunakan tanda bintang (*) di antara kata yang diinginkan.
  • Huruf miring : gunakan tanda underscore (_) di antara yang diinginkan.
  • Kalimat dicoret (strike through) : gunakan tanda ~ di antara kata yang diinginkan.

9. Colek teman di grup

Satu lagi aplikasi dari Whatsapp yang jarang Anda ketahui, yaitu mencolek teman di grup percakapan (mention). Fitur ini akan mengeluarkan bunyi notifikasi pada saat pengguna di colek, meskipun grup percakapan dibuat dalam mode silent.

Caranya sebagai berikut :

Ketik karakter @  di kolom percakapan, maka deretan nama kontak yang ada dalam grup akan muncul. Selanjutnya bisa memilih salah satu daftar kontak yang dimunculkan, untuk Anda mention.

10. Gunakan WhatsApp di komputer

Anda dapat menggunakan aplikasi WhatsApp web di laptop atau komputer Anda, caranya sebagai berikut.

Pilih menu WhatsApp web > kunjungi web.whatsapp.com di komputer Anda > scan kode QR di PC melalui ponsel Anda > WhatsApp web dapat Anda gunakan di layar komputer.

Baca juga : Tutorial Lengkap Cara Menggunakan Aplikasi WA di Laptop dan Komputer.

Demikian 10 Fitur Tersembunyi Aplikasi WhatsApp yang Jarang Anda Ketahui. 

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan