10 Fakta Unik Jerapah Hewan Leher Panjang Untuk Anda Ketahui

Amongguru.com. 10 Fakta Unik Jerapah Hewan Leher Panjang Untuk Anda Ketahui.

Jerapah adalah hewan yang memiliki ciri khas tinggi dan berleher panjang. Hewan ini juga mudah dikenal karena motif kulitnya yang bertotol. Jerapah memiliki mata besar, lidah panjang, telinga yang cukup besar, dan ekor berjumbai.

Umumnya kulit jerapah tutul berwarna gelap kecoklatan atau kemerahan dengan warna latar kekuningan. Semakin tua usianya, maka semakin gelap warna kulit jerapah tersebut.

Selain ciri khas bentuk tubuhnya, ternyata jerapah memiliki fakta unik lain yang menarik untuk dipelajari.

Berikut ini 10 fakta unik jerapah hewan leher panjang untuk Anda ketahui yang dihimpun dari berbagai sumber.

Fakta Unik tentang Jerapah Hewan Leher Panjang Untuk Anda Ketahui

  1. Jerapah adalah satu-satunya hewan mamalia tertinggi di dunia. Tinggi jerapah dewasa dapat mencapai 6 meter dan berat badan sebesar 1 ton atau 1.000 kg.
  2. Leher panjang yang dimiliki jerapah sebenarnya sama dengan mamalia lain, yaitu hanya terdiri dari tujuh ruas tulang belakang (tulang leher), hanya saja ukuran tiap ruasnya jauh lebih panjang.
  3. Sebagian besar jerapah hanya tidur selama 10 menit sampai 2 jam per hari, sebuah waktu yang sangat singkat untuk tidur. Jerapah tidak pernah bisa tidur dengan nyenyak sepanjang hidupnya, karena selain waktu yang singkat saat tidur, tidunya jerapah dilakukan sambil berdiri.
  4. Jerapah mampu melahirkan sambil berdiri, yang menunjukkan bahwa makhluk ini memang jarang berbaring. Ukuran tubuh yang tinggi menjadi alasan mengapa jerapah jarang berbaring.
  5. Bayi jerapah yang baru lahir dapat mencapai tinggi sekitar 2 meter dengan berat 70 kg. Hal unik dari bayi jerapah adalah selang waktu 10 jam setelah kelahiran, bayi jerapah ini langsung dapat berjalan dalam kawanan mereka.
  6. Lidah Jerapah dapat menjulur hingga mencapai 45 cm, sehingga memungkinkan mereka untuk makan dari pohon yang sangat tinggi. Jerapah lebih suka makan daun muda dan tunas, tetapi juga makan rumput dan tumbuhan lainnya. Makanan favorit jerapah antara lain daun muda pohon akasia.
  7. Bobot jantung jerapah dewasa dapat mencapai 10 kg dan dalam 1 menit, jantung jerapah bisa memompa darah sebanyak 160 gallon atau sekitar 600 liter lebih.
  8. Jerapah betina baru bisa hamil pada usia di atas 5 tahun. Masa mengandung jerapah adalah 15 bulan, sedikit lebih lama dari yang terjadi pada manusia.
  9. Jerapah mendapatkan 70 persen pasokan kebutuhan akan air dari makanan yang mereka makan, sehingga jerapah hanya perlu minum air sangat sedikit setiap harinya. Ketika akan minum air, jerapah akan melebarkan kaki depan mereka kemudian membungkukkan leher mereka yang panjang ke tanah.
  10. Jerapah memiliki kaki depan lebih panjang dari kaki belakangnya. Hal tersebut membuat bahu jerapah terlihat lebih tinggi dari pinggul dan punggung mereka miring ke bawah seiring ke arah ekornya.
Demikian ulasan 10 Fakta Unik Jerapah Hewan Leher Panjang Untuk Anda Ketahui. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan