10 Fakta Unik dan Menarik Seputar Burung Unta yang Wajib Anda Ketahui

Amongguru.com. 10 Fakta Unik dan Menarik Seputar Burung Unta yang Wajib Anda Ketahui.

Burung unta merupakan burung terbesar di dunia. Burung ini sangat mudah dikenali dari penampilannya yang khas, yaitu tubuh besar, kaki dan leher panjang, serta kepalanya yang kecil. Tinggi burung unta dapat mencapai 2,5 hingga 3 meter.

Uniknya, burung unta tidak dapat terbang. Hal ini mungkin disebabkan oleh ukuran tubuhnya yang terlalu besar untuk seekor burung.

Untuk lebih mengenal secara dekat dengan burung unta tersebut, berikut ini 10 fakta unik dan menarik seputar burung unta yang wajib Anda ketahui.

1. Burung unta adalah pelari tercepat diantara spesies burung yang lainnya. Burung unta mampu berlari dengan kecepatan sekitar 70 km per jam. Sekali melangkah, kaki burung unta dapat menjangkau hingga 5 meter.

2.  Burung unta memiliki tiga buah lambung. Burung unta juga memiliki sistem pencernaan yang unik, karena air kencing yang dikeluaran akan terpisah dengan kotorannya.

3.  Sayap burung unta dapat direntangkan hingga panjang mencapai 2 meter. Sayap ini berfungsi untu mengubah arah ketika berlari. Selain itu, sayap burung unta juga digunakan untuk menarik lawan jenis ketika akan kawin dan juga mengatur suhu tubuh.

4. Telur burung unta merupakan telur burung yang paling besar dengan panjang mencapi 15 centimeter dan berat mencapai 2 lusin lebih berat dari telur ayam.

5. Burung unta bersifat agresif jika diganggu. Tendangan kaki burung unta sangat kuat. Akan tetapi, apabila terancam, burung unta akan memilih untu berlari.

6. Burung unta akan saling mengerami secara sosial. Beberapa ekor burung unta betina bertelur pada sarang yang sama dan akan dierami oleh burung unta betina di siang hari dan burung unta jantang pada waktu malam hari. Telur burung unta akan menetas setelah dierami selama 35 – 45 hari.

7.  Pengeraman yang bergantian antara burung unta jantan dengan burung unta betina bertujuan untuk melindungi telur dari predator. Warna bulu betina yang mirip dengan warna pasir akan menyamarkan sarang di siang hari, sedangkan warna bulu burung unta antan yang lebih gelap tidak akan terlihat di malam hari.

8. Pada waktu musim dingin, burung unta akan menghabiskan waktunya dengan pasangannya masing-masing. Selama terjadi musim kawin, burung unta akan hidup mengelompok dan berpindah-pindah. Satu kelompok burung unta biasanya terdiri 50 ekor burung.

9.  Untuk menghindari musuh, burung unta akan merebahkan diri ke permukaan tanah, sehingga terlihat seolah seperti gundukan tanah dari jarak jauh.

10. Di dalam membantu proses pencernaan makanan, maka burung unta akan menelan kerikil.  Seekor burung unta dewasa akan menelan kerikil sebanyak 1 kg di dalam perutnya. Pasir dan kerikil ini akan membantu dalam menggiling makanan di tenggorokan.

10 Fakta Unik dan Menarik Seputar Burung Unta yang Wajib Anda Ketahui

Silahkan baca juga artikel terkait berikut.
Demikian ulasan mengenai 10 Fakta Unik dan Menarik Seputar Burung Unta yang Wajib Anda Ketahui. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan