10 Fakta Unik dan Menarik Seputar Bunga Melati Untuk Anda Ketahui

10 Fakta Unik dan Menarik Seputar Bunga Melati Untuk Anda Ketahui

Amongguru.com. Bunga melati (jasminum sambac) sangat identik dengan baunya yang harum. Tanaman melati termasuk dalam tumbuhan perdu daerah tropis yang berasal dari negara India, kemudian berkembang sampai ke Melayu dan Indonesia.

Warnanya yang putih serta baunya yang harum menjadikan bunga melati sebagai bunga suci dan sering digunakan dalam upacara sakral di Indonesia, misalnya acara adat, pernikahan, dan prosesi pemakaman.

10 Fakta Unik dan Menarik Seputar Bunga Melati Untuk Anda Ketahui
10 Fakta Unik dan Menarik Seputar Bunga Melati Untuk Anda Ketahui

Selain melambangkan kesucian, bunga melati juga melambangkan keindahan, kesederhanaan, dan ketulusan hati.

Berikut ini adalah 10 fakta unik dan menarik seputar bunga melati Untuk Anda ketahui yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Ditetapkan sebagai bunga nasional

Bunga melati ditetapkan sebagai bunga nasional di Indonesia pada tahun 1990 dan dijuluki sebagai puspa bunga. Penetapan bunga melati sebagai bunga nasional ini bersamaan dengan bunga anggrek bulan dan padma.

Selain di Indonesia, bunga melati juga dijadikan sebagai bunga nasional oleh beberapa negara lain, seperti Hawai, Pakistan, Filipina, Suriah, dan Thailand.

2. Dapat menjadi alat detoksifikasi dan penurun berat badan

Penelitian menunjukkan bahwa melati bisa menjadi alat detoksifikasi aman yang dapat digunakan oleh hampir semua orang untuk menghilangkan racun dan membersihkan tubuh.

Selain itu, teh dan ekstrak melati juga ampuh untuk menurunkan berat badan secara efektif jika dikonsumsi secara teratur.

3. Sebagai aromaterapi yang menenangkan 

Baunya yang harum, menjadikan bunga melati sebagai aromaterapi efektif untuk mengobati ketegangan saraf, apatis, kecemasan, serta gangguan saraf yang lebih serius.

Dengan demikian, bunga melati dapat dimanfaatkan dalam memerangi depresi dan efek negatif lain dari stres.

4. Sebagai anti inflamasi dan melegakan pernapasan

Selain memiliki pesona keindahan, bunga melati ternyata juga dapat digunakan sebagai obat anti radang (inflamasi) serta untuk melegakan pernafasan.

Pemanfaataannya dapat dengan cara mencampurkan bunag melati ke dalam teh, kemudian diminum secara teratur.

5. Bunga melati sebagai penghias 

Di dalam sebuah acara pernikahan di Indonesia, kuncup bunga melati yang belum mekar digunakan sebagai penghias yang menggantung di kepala pengantin wanita. Selain itu pada pengantin pria, melati disematkan di keris yang disebut dengan roncen usus-usus.

Sedangkan di negara India dan Bangladesh  bunga melati digunakan sebagai penghias rambut, Di negara Oman, bunga melati digunakan untuk upacara ulang tahun pertama seorang bayi perempuan.

6. Dijadikan lambang pahlawan bangsaBunga melati juga dianggap sebagai lambang pahlawan yang telah gugur membela bangsa dan negara.

Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya sebuah lagu yang berjudul patriotik Melati di Tapal Batas yang diciptakan oleh Ismail Marzuki, dimana dalam lagu tersebut digambarkan bahwa melati sebagai pahlawan yang telah gugur di medan perang.

7. Untuk campuran kosmetik

Selain dapat dimanfaatkan untuk obat, bunga melati ternyata juga berfungsi sebagai campuran berbagai macam kosmetik, misalnya untuk campuran parfum, pembersih muka, dan shampo.

Sebagai  campuran parfum, yang diambil adalah bagian bunga kemudian diekstrak menjadi minyak wangi.

8. Sebagai bahan campuran makanan dan minuman

Bunga melati dapat dijadikan sebagai campuran sirup beraroma melati atau campuran teh dan aneka kue.

Harum bunga yang keluar dari tanaman ini dipercaya sebagian orang dapat membangkitkan selera nafsu makan seseorang.

Bangsa Cina adalah yang pertama kali memperkenalkan bunga melati untuk campuran dalam minum teh dan campuran menu masakan lain.

9. Digunakan dalam tabur bunga di acara pemakaman

Melati sering digunakan untuk acara tabur bunga dalam pemakaman. Bunga melati dijadikan sebagai lambang kedukaan atau rasa kehilangan atas meninggalnya orang yang disayangi. Bunga melati ini akan disebarkan di atas pusara secara merata.

10. Identik dengan aura mistis

Banyak yang mempercayai aura mistis yang ada di dalam bunga melati. Bunga melati dianggap memiliki kekuatan supranatural, sehingga sering dipakai sebagai bunga sesajen, khususnya umat Hindu dan Budha di negara Kamboja.

Baca juga artikel terkait berikut.
Demikian informasi yang dapat admin bagikan mengenai 10 Fakta Unik dan Menarik Seputar Bunga Melati Untuk Anda Ketahui. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan