10 Fakta Unik dan Menakjubkan dari Capung Si Jago Terbang

10 Fakta Unik dan Menakjubkan dari Capung Si Jago Terbang

Amongguru.com. Siapa yang tidak kenal capung? Dari anak-anak hingga orangtua, pasti pernah melihat atau bahkan memegang capung. Ya..serangga cantik yang bersayap ini mudah sekali ditemukan di kebun, sawah, sungai, hingga ke pekarangan rumah.

Bentuknya yang unik dan warnanya yang menarik membuat setiap orang yang melihat pasti ingin menangkapnya. Tahukah Anda tentang 10 Fakta Unik dan Menakjubkan dari Capung Si Jago Terbang

Capung memiliki beberapa fakta unik dan menakjubkan yang mungkin belum banyak diketahui. Berikut ini 10 Fakta Unik dan Menakjubkan dari Capung Si Jago Terbang.

1. Capung hidup diseluruh belahan dunia

Capung dapat tinggal disemua benua di belahan bumi, kecuali antartika. tetapi sebagian besar dari spesies capung berada di daerah tropis.

2. Capung sudah ada ratusan tahun juta tahun yang lalu

Capung diperkirakan telah terbang di bumi selama kurang lebih 300 juta tahun. Hewan ini telah melalui berbagai tahapan evolusi hingga memiliki kemampuan terbang yang sempurna dan menjadi makhluk yang cantik dan mempesona.

3. Capung berburu dengan mencegat mangsa di udara

Capung adalah monster yang menyeramkan untuk mangsanya. Serangga jenis capung tidak memburu mangsanya, tetapi mencegat mangsa di udara. Tingkat keakuratan berburu capung mencapai 95 persen. Ini artinya capung mampu mengukur kecepatan mangsa sehingga dapat menyergap dengan efektif.

4. Capung adalah predator yang ganas

Capung memiliki rahang yang sangat tajam untuk mengoyak dan mencabik tubuh mangsanya. Hewan ini akan memegang dengan kuat kaki mangsanya saat tertangkap, kemudian merobek sayap mangsanya agar tidak dapat terbang, dan memenggal kepala mangsa dengan rahanya yang kuat dan tajam. Semua itu dilakukan di udara tanpa mendarat sama sekali. Wouw…

Tahukah Anda tentang 10 Fakta Unik dan Menakjubkan dari Capung Si Jago Terbang? Capung memiliki beberapa fakta unik dan menakjubkan yang mungkin belum banyak diketahui.
Capung sebagai predator ganas

Capung saat masih menjadi larva dan hidup di air juga memiliki kemampuan yang tinggi dalam menangkap mangsa di dalam air. Larva capung mampu menangkap berudu bahkan ikan.

5. Capung adalah hewan yang jago terbang

Capung memilki dua pasang sayap dengan otot yang kuat yang mampu bergerak dengan arah berlainan. Serangga ini mampu terbang ke segala arah, termasuk ke arah samping, mundur, dan bahkan terbang diam pada satu titik dalam beberapa menit.

Tahukah Anda tentang 10 Fakta Unik dan Menakjubkan dari Capung Si Jago Terbang? Capung memiliki beberapa fakta unik dan menakjubkan yang mungkin belum banyak diketahui.
Capung si jago terbang

Capung mampu mengepakkan sayap sekitar 30 kali per detik. Kecepatan terbang capung dapat mencapai 100 km/jam.

6. Capung memiliki penglihatan menakjubkan

Tahukah Anda, bahwa capung mempunyai mata manjemuk yang berisi sekitar 30.000 segi yang mampu memberikan informasi tentang lingkungan di sekitarnya. Dengan struktur mata tersebut, maka sudut pandang capung hampir mencapai 360 derajat. Kemampuan mata ini memungkinkan capung untuk melihat serangga kecil dan menyergapnya.

Tahukah Anda tentang 10 Fakta Unik dan Menakjubkan dari Capung Si Jago Terbang? Capung memiliki beberapa fakta unik dan menakjubkan yang mungkin belum banyak diketahui.
Mata majemuk pada capung

Dengan mata majemuk ini pula maka capung capung akan terhindar dari tabrakan dengan serangga lain saat terbang.

7. Capung mampu hidup di air selama dua tahun lebih

Capung ketika masih menjadi larva dapat hidup di air selama lebih dari dua tahun.

Beberapa spesies capung yang hidup di daerah tertentu bahkan mampu bertahan hidup di air selama enam tahun saat menjadi larva.

Saat berada di air, capung akan berganti kulit sampai 17 kali hingga akhirnya siap keluar dari air dan bermetamorfosis menjadi capung yang dapat Anda lihat di udara.

8. Capung memiliki perilaku teritorial 

Capung dikenal sebagai hewan yang sangat teritorial, khususnya capung jantan. Hewan ini akan mengklaim wilayah tertentu mereka, misalnya tepi sungai, kolam, dan badan air lainnya. Maka seringkali terlihat capung saling berkejaran satu dengan lainnya untuk memperebutkan daerah kekuasaannya.

9. Capung mampu mengontrol populasi serangga

Capung berjasa bagi kehidupan manusia karena dengan sifat predatornya, capung secara tidak langsung membantu mengontrol populasi serangga, seperti nyamuk dan serangga penggigit lainnya.

10. Capung menginspirasi terciptanya teknologi mukhtahir

Capung juga menginspirasi terciptanya teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan manusia berdasarkan kemampuan luar biasa capung dalam terbang dan melihat.

Helikopter adalah salah satu rancangan pesawat terbang dengan kemampuan manuver yang tinggi yang pembuatannya terinspirasi dari capung. Sayap capung juga menginspirasi pembangunan Munich Olympic Stadium Keren….

Baca juga :

Nah.. itulah 10 Fakta Unik dan Menakjubkan dari Capung Si Jago Terbang.

Semoga postingan ini dapat bermanfaat untuk menambah referensi bacaan Anda.

Tinggalkan Balasan