10 Fakta Unik dan Menakjubkan Belalang Sembah yang Jarang Diketahui

Amongguru.com. 10 Fakta Unik dan Menakjubkan Belalang Sembah yang Jarang Diketahui.

Belalang sembah memiliki kebiasaan unik, yaitu mengangkat sepasang kaki bagian depannya, seperti sedang menyembah atau berdoa. Di dalam bahasa Inggris, belalang ini disebut praying mantis, yang artinya Sang Nabi yang sedang berdoa. Mantis berasal dari bahasa Yunani, yaitu “Mantes” yang berarti Nabi atau Peramal Nasib,

Penduduk di Pulau Jawa, menyebut belalang sembah sebagai walang kekek, walang angkrek, atau congcorang. Meskipun memiliki penampilan yang cukup memukau, belalang sembah ternyata memiliki perilaku predator yang mengerikan. Belalang sembah akan bertindak seperti zombie, memakan otak burung hidup-hidup.

Untuk memahami lebih dalam tentang keunikan belalang sembah tersebut, berikut ini fakta unik dan menakjubkan belalang sembah yang jarang diketahui dihimpun dari berbagai sumber.

1.  Tidak seperti belalang pada umumnya yang memakan rumput dan daun, makanan belalang sembah umumnya adalah daging artropoda. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa hewan tersebut dapat memangsa hewan yang ukurannya lebih besar darinya, seperti katak, kadal, dan ular.

2. Belalang sembah sanggup memutarkan kepalanya hingga 180 derajat dan mampu memeriksa keadaaan di sekelilingnya dengan baik hingga jarak 60 kaki.

3. Belalang sembah jantan rela mati untuk reproduksi. Belalang sembah betina akan segera memakan kepala belalang sembah jantan begitu mereka selesai melakukan senggama atau kopulasi. Meskipun demikian, belalang sembah jantan tetap melakukannya demi menjaga kelangsungan hidup belalang sembah.

4. Belalang sembah memiliki kemampuan menyamar (kamuflase) yang baik, karena warna tubuh hewan tersebut sangat mirip dengan warna daun dan ranting. Kemampuan menyamar ini berguna untuk memperdaya mangsa dan menghindari serangan predator.

5. Belalang sembah efektif dijadikan pembasmi hama. Belalang sembah dapat dijadikan sebahai pembasmi hama, seperti ulat daun dan wereng, karena sifatnya yang karnivora.

6. Belalang sembah merupakan predator yang ganas, Hewan ini akan memakan burung hidup-hidup. Serangannya dapat berujung pada terpenggalnya kepala burung, karena jepitan kaki depannya yang cukup kuat, setelah itu memakan jaringan otaknya.

7.  Belalang sembah dianggap sebagai Tuhan pada tradisi Khoi dan San Afrika Selatan, karena posturnya seperti berdoa. Belalang sembah oleh penduduk tersebut disebut sebagai dewa Khoi (Hottentotsgot).

8.  Dua seni bela diri yang dikembangkan secara terpisah di China memiliki strategi pertarungan berdasarkan gerakan dari belalang sembah.

9. Belalang sembah adalah satu-satunya jenis serangga yang memiliki penglihatan stereo. Belalang sembah mampu melihat dua mata di tempat yang sama, sehingga memungkinkan untuk menilai jarak dengan sangat akurat.

10 Fakta Unik dan Menakjubkan Belalang Sembah yang Jarang Diketahui

10.  Indera pendengaran belalang sembah sangat lemah, tapi mampu merasakan nada tinggi kelelawar melalui getarannya.

Demikian ulasan mengenai 10 Fakta Unik dan Menakjubkan Belalang Sembah yang Jarang Diketahui. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan